Bikin game 3D, wah sepertinya nyeremin ya.... susah...., Eh ternyata klo dipelajari en ditelateni ga juga kok. Coba deh pake software Blender. Blender open source lho... Jadi ga berbayar. Memang sih klo biasa modeling 3D pake 3DMax aga susah membiasakan diri. Tapi its ok, alon2 asal kelakon hehehe....
Dari pada banyak bertele-tele, yuk kita lanjut aja langkah-langkahnya...
1. MODELLING
Pada awal tutorial ini kita akan membuat kartun, kaleng, meja,kursi, dll.tergantung pada imajinasimu, dimana kita akan mempelajari GUI dari Blender dimana sebelum memulai kita harus mengetahui letak, lokasi, dan perintah dari sofware tersebut, bagaimana membuat model 3d sederhana (gambar referensi, extrude, dan loopcut), melakukan skinning dan pemberian material pada obyek 3d, dan pengaturan cahaya (lighting).
Keterangan:
1. Main header: menu utama blender yang terdiri dari file, add, render, dan help.
2. Viewport: tampilan dari obyek 3d atau obyek lainnya.
3. Toolbar (T): berisi dari daftar tool yang bersifat dinamis berubah mengikuti konteks obyek
4. timeline: frame animasi dan instruksi terkait atau untuk sequencer.5. Outliner: struktur data obyek blender.
6. Properties: panel yg berisi instruksi untuk memodifikasi obyek atau animasi.b. Basic Blender Shortcut
1. Memilih obyek: klik kanan
2. Multiple obyek: shift + klik kanan
3. Select/Deselect All: A
4. Tools Shelf Toggle: Shortcut: T
(Menampilkan Tools Shelf)
5. Menghapus obyek (vertex, edge, face): x
6. Properties Panel Toggle: Shortcut: N
(Menampilkan properties Panel)
7. Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C
(Gunakan menu ini untuk select Center New, Center Cursor atau ObData to Center)
8. Circle Select: Shortcut: C Untuk seleksi Circle/bundar
9. Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, lalu LMB-drag Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak
10. Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB Dalam edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi
11. Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat "3D projection" isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi normal.
12. Transform Hotkeys
G = Move (Grab)
R = Rotate
S = Scale
Alt + G = Reset Position
Alt + R = Reset Rotation
Alt + S = Reset Scale
13. Add: Shift + A
14. Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q
15. Loop Cut (Masuk Edit Mode (Tab)): Ctrl+R
c. Modelling Kaleng
1. Agar membantu proses permodelan suatu obyek dibutuhkan gambar referensi atau
Background Image. Untuk obyek kaleng ini sudah disediakan file: gambar_referensi.JPG
1 komentar:
wes, sangat bermanfaat. tks bro...
Posting Komentar