pengalaman selama mengikuti outbound di itb seamolec bandung

Senin, 16 Agustus 2010


bissmillahirrahmanirrahim
assalamualaikum wr.wb
dari negeri asal kami menuju ke bandung..untuk mencari masa depan yang cerah..
dengan perjuangan dan usaha untuk bisa masuk di fakultas terbaik indonesia yaitu ITB..
setelah kami sampai dibandung semuanya pergi untuk mendaftar ulang untuk mahasiswa baru dari seluruh indonesia.

pertama dalam benak kami berbagi macam wajah baru yang ada dihadapan kami.tidak mudah untuk berbaur satu sama lainnya..kami memilih untuk berkumpul secara berkelompok..tetapi menjadi sesuatu keunikan atau daya tarik sendiri ketika beragam suku, bahasa dan daerah semua berkumpul menjadi satu..
tapi berkat pemikiran team panitia seamolec d4 itb mereka telah memikirkan kegelisahan kami dari awal sebelum kami sampai dibandung agar tidak terpecah satu sama lainnya sehingga kami dapat bersatu..
untuk itu panitia membuat sesuatu kegiatan positive yang dinamakan OUTBOUND..
maka pada saat itu dijadwalkanlah kapan pelaksanaan outbound tersebut..maka pada saat hari ditentukan kami semua berkumpul, dengan semangat mahasiswa baru yang di pikiran kami antara kegembiraan dan kegelisahan..apa ini suatu acara bersenang-senang atau kah acara bambu atau ospek atau sejenisnya...
kemudian setelah sampai ditujuan kami semua dikumpulkan menjadi suatu barisan atau kelompok..dalam pikiran kami semua..kami bertanya, kemanakah kami akan dibawa?
setelah perjalanan jauh dari kampus Winaya Mukti menuju ketujuan yang jauh dari bayangan kami..akhirnya kami mengetahui kemana kami akan dibawa..
daerah itu bernama Bumi Perkemahan tempat dimana biasanya sekumpulan anak pramuka melakukan kegiatannya, dengan memakan waktu selama lebih kurang 2,5 jam. terbayangkan tidak ketika kita berjalan kaki sejauh 4 km dengan tas dan peralatan dipunggung. ada yang letih, lemas, kram kaki, naik gunung turun gunung, ada yang mengeluh sewaktu perjalasan, nafas yang sudah tidak teratur,walaupun udara dipegunungan terasa sejuk.kami tidak merasakan apa-apa lagi.
tidak bisa lagi diungkapkan dengan kata-kata.sulit untuk dibayangkan.akhirnya kami sampai juga ketempat tujuan..

sesampai ditempat tujuan kami disambut oleh seorang bapak yang kami kira sudah berkepala empat..beliau menjadi pembawa acaranya kami..walaupun sudah berumur beliau terlihat sangat bersemangat membawa acara kami.sehingga kami yang dari awal sudah kelelahan dan kehausan, sehingga membuat kami hilang rasa haus dan dahaga dengan semangat dan motivasi beliau..seperti terkena udara dari surga...
setelah kami beristirahat sejenak disambut oleh makanan dan minuman yang diberikan oleh panitia diselingi dengan materi yang diberikan oleh bapak yang sudah berumur itu..yang akhirnya beliau memperkenalkan diri..bapak itu bernama Mr. Stanley...
ketegangan dan kegembiraan mulai muncul ketika pak Stanley memberikan motivasi kepada kami semuanya yang sebelumnya ditanamkan rasa ketakutan dan kegelisahan oleh panitia seamolec D4 ITB..sehingga penat didalam pikiran kami menjadi sesuatu kegembiraan..
acara pun dimulai arahan dari Mr. Stanley dengan memberikan kepada kami menjadi empat kelompok..dimana masing2 kelompok diberikan sebuah nama..yaitu KERBAU, MATAHARI, KUDA, HARIMAU..awalnya terdengar lucu..tetapi Mr.Stanley memberikan penjelasan.apa alasan diberikan nama kelompok tersebut..
dimana setiap kegiatan yang kami lakukan pasti ada makna tersendiri..yang langsung diberikan oleh Mr. Stanley..
beliau menjelaskan dimana
KERBAU tidak mengenal kata lelah, mengikuti jalan yang lurus, karena apa yang menjadi makanan pokok kita semuanya tak luput dari usaha KERBAU..
HARIMAU yang siap memangsa musuhnya, dan menunggu waktu yang tepat untuk dimangsa..
KUDA yang siap mengambil keputusan sesuatu masalah dengan cepat dan tegas seperti secepat kuda..maka apabila kita terlambat mengambil keputusan maka kesempatan itu akan hilang..
MATAHARI dimana dia memberikan penerangan, penyejukan, motivasi hidup, dan menerangi semua makhluk hidup..
dari penjelasan dari pak Stanley..kami semua diberikan kebebasan memilih kelompok tersebut sesuai dengan kepribadian kita .yang berlandaskan kelompok yang adil dan seimbang..

kami sangat setuju sewaktu beliau memberikan suatu penghargaan kepada kelompok maupun individual atas usaha yang kita lakukan karena di Indonesia usaha seseorang itu sangat kurang dihargai..walaupun penghargaan itu tidak dalam bentuk emas,perhiasan dll..
akan tetapi nilai dari penghargaan tersebut dengan mengatasnamakan kelompok.pnghargaan itu berupa bintang...jadi masing-masing kelompok berusaha untuk membawa harum nama kelompok..dengan yel yel yang diciptakan masing2 kelompok tersebut..

setelah begitu banyak motivasi yang beliau tanamkan kepada kami sehingga semngat kami menggebu-gebu..ada yang menitikkan air mata ada juga  yang merinding mendengarkan motivasi beliau seperti angin surga yang diberikan oleh beliau..satu kata kesimpulan dari segala penjelsan beliau JANGAN MENYERAH...
itulah modal kami supaya kami mampu menantang segala cobaan dan rintangan untuk selamat dunia dan akhirat dan masa depan kami kelak..

hari sudah mulai gelap..sudah sangat lelah bagi kami melakukan segala kegiatan lagi..
maka kami diberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak kekamar yang telah disediakan oleh panitia..
rasa lelah, penat, bercampur menjadi satu...akhirrnya dengan tidur kami melepaskan semua beban yang ada ditubuh kami..walaupun agak berat tubuh ini..
tetapi masih ada kesempatan untuk tidur dijadikan untuk ajang perkenalan sesama kawan sekamar...sungguh kenangan tak bisa dilupakan...
setalah kami selesai istirahat pada malam itu juga kami dikumpulkan lagi di aula yang ada di fasilitas tmpat perkmahan kami..
terasa kesannya seperti militer yang singkat untuk beristirahat..

tidak terasa cuaca begitu dingin, tubuh kami sangat menggigil.gigi atas dan gigi bawah bertemu..api unggun yang disediakan oleh panitia akan kami gunakan untuk memeriahkan suasana dan menghangatkan tubuh
acara dilaksanakan oleh panitia kurang menghibur di kedinginan kami ini..sehingga rasa kantuk semakin terasa..tetapi berkat pak Stanley lg..kami terhibur kembali.suasana semakin meriah..
dimana pak Stanley membuat kegiatan semua daerah membawakan lagu kebanggan daerah mereka masing-masing..
ada yang nyanyiin lupa liriknya, ada jg nyanyi tiba reff nya aja yang suaranya lantang, amburadul dah lagu kebangsaannya..lupa lupa ingat..
disini kami dapat mengambil pelajaran..anak-anak bangsa sekarang sudah tidak memperdulikan lagi adat, kebudayaan, lagu khas daerah, sejarah, dll..
sehingga budaya asing masuk dengan seenaknya...ini pelajaran dan tantangan buat anak Indonesia..


akhirnya tiba juga untuk tidur yang panjang dikamar masing2..melepaskan kelelahan tubuh kami..hingga matahari terbit kembali..
setelah mandi-mandi, gosok gigi, merapikan tmpat tidur kembali..yang mengecewakan antrian pada saat mandi..sangat2 menjengkelkan..kami disuruh berolah raga pagi dengan berjalan santai mengelilingi kawan pegunungan tersebut..bener2 militer dah kami..

tibalah acara yang sesungguhnya yaitu outbound..

disini pak stanley memberi arahan ada 6 (enam) permainan outbond,,, da RANJAU MUSUH ,KELERENg , JARING LABA2,,, dll, dah lupa ,,he,he,he.............karena baru kali ini km mengikuti kegiatan seperti ini......
semua kelompok di adu..untuk mendapatkan penghargaan berupa bintang..disetiap permainan mempunyai makna tersendiri yang pada intinya kerja kelompok,saling bantu membantu yang dikerjakan bersama-sama akan menghasilkan suatu hasil yang 10 kali lipat yang apabila dikerjakan dengan sendiri...
karena manusia tidak dapat hidup sendiri-sendiri..kita masih membutuhkan orang lain..karena kita hanya manusia biasa..yang makna permainan nanti akan dijelaskan oleh pak STanley sendiri pada akhirnya...memang kenyataan seperti itulah yang kami dapatkan dilapangan..apabila tidak dilakukan bersama sama dan saling tolong menolong suatu kegiatan tersebut..maka hasil nya nihill..atau kosong..gagal...
dari semua permainan yang paling asyik, seru, dan mempunyai makna yang lebih dari peramainan yang lain dan tidak terlupakan adalah yaitu di WATER ,,,,,,,,,,,,,,
dimana kami memasukkan air kedalam sebuah pipa yang berlubang dengan lubang tersebut ditutup kelompok masing2..yang apabila dilakukan secara individual tidak akan berhasil..
sehingga pipa tersebut terisi penuh dan bola didalam pipa keluar..dengan dinyatakan menang atau berhasil suatu permainan..
disini kita dilatih motivasi yang tinggi, semangat dan pantang menyerah, sikap menghargai, kekompakan team,keyakinan antara sesama team, tidak ada kata menyerah untuk mencapai tujuan..tidak ada yang tidak mungkin, perjuangan yang luar biasa..

akhirnya permainan outbound berakhir sudah...akhirnya tiba juga untuk saatnya pulang..
sebelum pulang kami diberikan pengumuman siapa pemenang dari semua kelompok tersebut....
dan diberikan suatu renungan ..dan doa penutup...untuk mengakhiri acara tersebut....
disini kami sangatlah berterima kasih kepada pak stanley karena beliau lah acara ini berjalan dengan sangat sangat sukses...
dan kami disini yang ditinggalkan orang tua terasa mendapatkan sesosok orang tua kembali...beliau begitu memperdulikan kami..
terima kasih pak stanley dan panitia..kami tidak akan melupakan kalian smua...
akhirnya go home juga walaupun dengan kekecewaan..panitia rupanya langsung pulang..dan kami ditinggalkan...sungguh mengecewakan..hehehe
akhirnya kami pulang dengan berjalan kaki dari gunung turun gunung....intinya STREZZZZZ...dan pulang ketempat kost masing masing...


tpi, Syukur Alhamdulillah, Polisi yg katanya ngaku diri sebagai pengayom masyarakat , bantuin kita2 pulang...
Thank Pak POLISI.......berkat pak polisi rasa lelah kami berkurrang..karena beliau mengantar kan kami sampai dipersimpangan..
kita naik mobil patroli mereka ,pulang bareng2...
selamat tinggal bumi perkemahan, good Bye pak STANLEY.....,,..
segala ilmu dan Motivasi yang Anda Berikan menjadi Modal bagi Kami untuk meraih impian kedepan.....
tantangan kedepan semakin berat..semoga kita semua sukses didunia dan akhirat...AMINNNN
walaikum salam wr.wb
ThankS  ITB SEAMOLEC....
RANCAK BANA.......












0 komentar:

Posting Komentar