Belajar pertama membuat MGATOT,SplashScreen dan Menu

Sabtu, 02 Oktober 2010

 Cara Penggunaan MGATOT Pada Project Game

Untuk memahami penggunaan kode program pada penggunaan MGATOT dalam proses pembuatan
game mobile java, pada pembahasan ini berupa panduan pembuatan sebuah game MGATOT.


1.      Membuat dan menggunakan MGATOT pada Project Game

Langkah pertama membuat game dengan menggunakan MGATOT yaitu membuat project terlebih dahulu, caranya adalah :
1.      Setelah aplikasi Netbeans terbuka klik tombol File > new Project, lihat gambar dibawah ini :



2.   Kemudian tampilan kotak dialog pilihan pembuatan aplikasi ditampilkan, klik pada Java ME, lihat gambar dibawah ini :


3.   Kemudian klik pada Mobile Application lalu klik Next, lihat gambar
di bawah ini :


4.   Beri nama project yang dibuat, hilangkan ceklis pada hello Midlet, lihat gambar di bawah ini :



5.      Klik browse untuk menentukan tempat penyimpanan project, kemudian tampil seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik open :


Namun sebelumnya buat terlebih dahulu sebuah folder pada directory yang disiapkan untuk menyimpan project game yang dibuat misalkan pada D:\Latihan_MGATOT.
Kemudian klik next.


6.      Kemudian klik CLDC 1.1 dan MIDP 2.0,kemudian klik Next lihat gambar di bawah ini :


Pada device emulator pilih defaultClorPhone

Kemudian klik Finish

 2. Memasukan MGATOT pada Library Project

Untuk menggunakan MGATOT pada project, MGATOT harus dimasukan terlebih dahulu pada Resource project yang sedang dibuat, caranya :
1.      Copy folder Engine MGATOT yang ada pada CD Tutorial ke My Documents
atau Local C.
2.      Pada Resource klik kanan kemudian Add Jar/Zip



3.      Kemudian open MGATOT.jar

 

Sehingga dengan memasukan MGATOT pada Resource maka MGATOT siap digunakan.



4.      Menggunakan MGATOT untuk Membuat SplashScreen dan Menu

Lakukan langkah berikut ini untuk membuat sebuah class midlet dengan menggunakan MGATOT dalam membuat splashscreen dan menu .
1.      Setelah selesai memasukan MGATOT pada Resource Project selanjutnya membuat class Midlet pada project game, klik kanan pada Source Package > new Java Package>dan beri nama Gambar



2.      Klik kanan kembali pada Source package > new package > berinama SourceCode


3.      Klik kanan pada package SourceCode > new Midlet beri nama Latihan


      4.      Tampilan default class midlet


Untuk membuat SplashScreen pada class midlet ketikan kode yang diberi kotak warna merah berikut ini pada class midlet :

5.      Copy Gambar pada folder Image dari CD Tutorial kemudian klik kanan pada package Gambar klik paste, lihat gambar


6.      Setelah selesai memasukan Gambar, kemudian running lihat gambar yang bewarna hijau



                                                                  Gambar  Running toolbar



7.      Setelah selesai membuat SplashScreen selanjutnya kita membuat Menu dengan menggunakan MGATOT
8.      Kembali pada class midlet kemudian masukan kode program dibawah ini :





9.      Selanjutnya masukan ganti kode berikut ini pada Method StartApp


     10.      Selanjutnya masukan kode program berikut ini untuk membuat tampiln menu


      Akan tetapi sebelum menampilkan menu pertama kita deklarasikan dulu variabel nya


sesudah itu Inisialisasikan ,caranya bisa dengan kita tulis langsung di Start App, atapun lebih bagus nya lagi kita tulis saja di Methode baru.. (lebih praktis).
Buat methode baru ,contoh nya : init()

ket : terlebih dahulu tambahkan /paste Gambar menu didalam package image dalam project
  1. Langkah selanjutnya adalah dengan cara memanggil tu tombol2 Menu nya,,, Tambahkan kode berikut dalam method init();
             try {

Sampai disini sebenarnya kalau kita jalankan sudah jadi deh menu nya, dan tampilan nya, tetapi ada syaratnya;
Dengan memasukan kode program maka pembuatan menu selesai, namun belum bisa dijalankan karena inisialisasi menu belum dilakukan pada method StartApp, ketikan baris program di bawah ini untuk menampilkan menu yang telah di buat kemudian build lalu running program.
maka akan tampil seperti dibawah ini :


        

Ket : terkadang ada beberapa perintah yang dijalankan akan muncul tanda error disamping,
Tetapi jangan takut.

Di klik Saja tu Error dan pilih “ Try Catch with implements”
Semoga aja hilang error nya, …..



0 komentar:

Posting Komentar