Survey Magang

Kamis, 28 Oktober 2010

Proses magang kelompok HARUS TAU Mahasiswa D4 ITB Batch 3
1. Hasil dari technopreneur kelompok HARUS TAU sampai saat ini baru Rp 139.500,- yaitu penjualan gama MJeni(Rp. 50.000,-), Tutorial 3D blender (Rp. 24.500,-), dan Film animasi  (Rp.15.000,-), dan game Mjeni lagi (Rp. 50.000,-).
 2. Materi yang sudah kami ajarkan selama magang adalah 3D Blender, RPG Maker dan E-Learning (Moodle).
   Hasilnya adalah :
      -  3D Blnder : Murid sudah memahami tentang animasi terutama 3D blender dan dapat mengaplikasikannya seperti membuat meja dan kursi.
      -  RPG Maker : Murid sudah mengetahui tentang RPG Maker dan bisa membuat game RPG dengan beberapa MAP dan Effectnya.
      -  E-Learning: Diajarkan pada guru TI.Guru telah dapat memahami kegunaan E-Learning (Moodle)  dan telah bisa membuat Moodle secara offline.
3. Tanggapan pihak sekolah selama proses magang berlangsung sangat baik. Walau sempat terkendala dengan waktu (adanya UTS di SMA YKM pada  minggu ke 3). Tapi kami tetap berusaha bisa memberikan materi sebaik mungkin dengan waktu yang telah diberikan oleh pihak SMA YKM.  Pihak sekolah pun mendukung karena menurut pihak sekolah program pengajaran ini dapat menambah ilmu dan murid dapat menerapkan ilmu tersebut. Malah materi ini diajarkan pada jam pelajaran efektif(pelajaran TIK). Setelah proses magang ini kami ditawarkan untuk tetap bisa mengajar tapi  pembelajaran ini dimasukkan ke dalam ekstrakurikuler.
4. Menurut kami program ini berperan penting bagi sekolah yang bersangkutan (SMA YKM), karena dapat dilihat dari segi program ini dilaksanakan  secara gratis dan dapat menambah ilmu karena materi pembelajaran yang diberikan belum dikenal dan di dapati oleh murid-murid SMA YKM sebelumnya.
5. Para siswa/siswa atau guru2 yang diajarkan selama mengikuti proses magang ini antusias untuk mengetahui dan mempelajari program-program yang kami perkenalkan,  karena metode yang kami pakai adalah memberitahu mereka apa manfaat yang kita dapatkan bila menguasai program ini dan dengan memperlihatkan game RPG Maker  dan film animasi yang sudah jadi agar mereka semangat belajar dan tidak merasa bosan.
6. Keterbatasan yang ada dalam proses magang ini adalah jumlah komputer yang hanya 24 buah dan itu pun lumayan banyak komputer yang tidak bisa diinstalkan program-program yang kami ajarkan.Tapi proses pembelajaran tetap bisa berjalan baik dengan cara membagi murid duduk perkelompok   (1 komputer yang dipakai 3-4 orang siswa).
7. Alhamdulillah satu tim/ kelompok kami berperan semuanya dalam kegiatan KBM pada proses magang ini.Kita saling bekerjasama dan  tolong menolong untuk mencapai kesuksesan kegiatan ini.
8. Dalam proses magang, siasat/ strategi yang kami terapkan dalam proses magang terutama dalam pengajaran kepada para siswa/siswi adalah bagaimana  membuat siswa/siswi tertarik dengan pelajaran (program) yang kami berikan tanpa rasa bosan salah satunya memperlihatkan game RPG atau film animasi  yang telah jadi serta memberikan cerita singkat yang dapat membuat mereka semangat untuk belajar,seperti manfaat yang kita dapatkan bila telah meguasai  program ini dan berusaha membuat siswa/siswi dapat berinteraksi dengan kami selama proses balajar mengajar.
9. Materi pengajaran yang disenangi selama proses magang adalah RPG Maker dan 3D Blender.
10.Produk/ materi yang terselesaikan dengan baik adalah RPG Maker dan 3D Blender.
11.Menurut kami program magang ini bermanfaat/ berguna untuk khalayak ramai baik untuk para sekolah,guru dan para siswa yang diajarkan karena materi  yang diajarkan dapat menambah ilmu dan pengalaman mereka.
12.Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu yang baru selama proses magang, salah satunya cara bagaimana menghadapi siswa dan cara menguasai kelas saat proses belajar  mengajar yang sedang berlangsung.
13.Selama proses magang yang kami lakukan 1 bulan ini belum ada materi yang kami ajarkan tidak  kami ketahui jawabannya pada saat pelaksanaan magang di sekolah tersebut   (SMA YKM) karena dari awal kami telah membatasi materi apa saja yang kami ajarkan dan kami kuasai materi tersebut agar kami dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan   siswa/siswi yang kami ajarkan.

0 komentar:

Posting Komentar